Tidak sedikit pengguna internet yang termakan oleh informasi yang tidak benar atau hoax. Akibatnya, hal ini dapat merugikan suatu pihak. Teknologi canggih dan internet cepat nampaknya hanya akan menjadi bumerang pada manusia jika tidak disertai dengan pengetahuan yang cukup tentang etika dan cara penggunaan internet dengan baik. Karena itu, setiap pengguna internet harus mengetahui cara menggunakan internet dengan baik, termasuk mendeteksi berita hoax sebelum menerimanya bulat-bulat.

Menurut Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi dari wawancara yang dilansir dari liputan6.com, informasi yang tidak benar bisa mengakibatkan bangsa yang terpecah belah, perang saudara, membuat keluarga bercerai, dan dampak negatif lainnya. Maka dari itu, ia memberikan tips untuk membedakan mana berita hoax dan mana berita yang benar.

  • Sadari jika ada kejanggalan

Saat membaca berita atau informasi di internet, masyarakat harus sadar jika ada kejanggalan. Biasanya hoax menggunakan bahasa provokatif yang memanfaatkan isu-isu hangat seperti SARA, politik, dan lainnya.

  • Cek kesesuaian judul dan isi

Demi mengundang banyak pembaca, banyak tulisan yang menggunakan judul provokatif dan kontroversial. Namun, banyak juga yang isinya justru bertolak belakang dengan judul. Karena itu, jangan hanya menyimpulkan informasi dari judulnya saja tapi baca juga isinya sampai habis.

  • Sumber berita harus terpercaya

Langkah ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mendeteksi berita hoax. Kalau berita tersebut belum terverifikasi dari Dewan Pers, maka ada kemungkinan hoax. Maka dari itu, sebaiknya jangan langsung percaya jika ada broadcast message yang penulisnya pun tidak jelas siapa.

  • Kapan berita diterbitkan

Selain melakukan ketiga hal di atas, jangan lupa juga untuk memeriksa tanggal terbit. Masyarakat harus selalu memastikan kapan tanggal berita diterbitkan agar bisa memastikan apakah berita tersebut valid atau hoax. Menurut Djoko, berita hoax tidak memiliki tanggal yang bisa diverifikasi. (Source: liputan6.com)

Nah, itu dia beberapa tips dari Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk mendeteksi berita hoax. Jadi, terapkan dulu tips di atas sebelum menyerap informasi di internet ya! Semoga membantu!