Sudah repot mengurus dan melengkapi seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan kredit kendaraan bermotor, tapi tetap saja ditolak. Padahal, kamu sudah mengetahui poin dari penyebab kredit kendaraan motor ditolak part 1 dan berusaha menghindarinya, tetap saja pengajuan kredit ditolak. Sebenarnya apa sih yang salah?

Hmm… jika kamu mengalami masalah ini, mungkin sebenarnya kesalahan bukan terdapat didokumen yang kamu ajukan. Sebab, ada loh beberapa alasan lain penolakan kredit meskipun dokumen lengkap, antara lain:

kredit-kendaraan-ditolak

  • Debitur tidak kooperatif

Mungkin saja kamu sudah menyiapkan seluruh dokumen dengan lengkap, termasuk mengisi formulir dengan lengkap. Akan tetapi, tiba-tiba pihak kreditur menemukan adanya kesalahan pengisian data, atau bahkan pemalsuan data (sengaja atau tidak) yang ada pada data di formulir yang kamu isikan. Jika sudah begini, selengkap apapun dokumen yang kamu berikan maka akan sulit bagi kamu untuk mendapatkan pinjaman.

Hal ini akan semakin diperparah, jika kamu sulit dihubungi oleh pihak kreditur. Sebelum pengajuan kredit diterima, kreditur akan menghubungimu untuk mengonfirmasi kebenaran data yang sudah kamu isikan. Tidak hanya itu, kreditur juga akan menghubungi kerabat terdekatmu yang kamu isi pada formulir. Jika kamu dan kerabatmu tersebut sulit untuk dihubungi, maka akan menjadi kendala untuk proses pengajuan kreditmu. Sebab itulah, pastikan kamu dan kerabatmu mudah untuk dihubungi selama proses pengajuan masih belum di approve.

  • Blacklist

Jangan pernah berpikir bahwa ketika kamu mengalami kredit macet pada suatu lembaga keuangan, maka ini tidak akan berpengaruh banyak padamu. Sebab, seluruh data debitur yang ada di lembaga keuangan apapun pasti akan dilaporkan kepada Bank Indonesia. Jadi, ketika kamu memiliki satu saja kredit macet, hal ini akan langsung tercatat dalam database Bank Indonesia. Jika kredit macet ini bahkan sampai membuat pihak kreditur menarik harta yang kamu jaminkan, tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapat status blacklist yang akhirnya akan membuatmu kesulitan dalam mengajukan pinjaman. Sebab itulah, berhati-hati dalam mengajukan pinjaman, dan hanya ajukan dalam jumlah yang sesuai kemampuanmu.

Nah, setelah mengetahui beberapa hal yang bisa menyebabkan pengajuan kredit ditolak oleh bank tadi, semoga kamu bisa lebih bijak dalam mengajukan kredit. Semoga berhasil! (Vita)