Bagi kamu anak pantai, berlibur ke pesisir dengan cuaca yang cerah adalah sesuatu yang kamu harapkan terjadi. Ombak yang bagus, langit yang amat biru, serta air laut yang begitu jernih adalah hal-hal yang kamu dapatkan bila matahari bersinar terik. Keindahan ini tidak jarang membuat kamu melupakan kenyataan bahwa sinar mentari yang begitu masif di wilayah pesisir dapat memberikan pengaruh negatif untuk kulitmu. Meski kamu sudah berantisipasi dengan mengoleskan sunblock di permukaan kulitmu, kemungkinan sunburn akan tetap ada. Terlebih kalau kamu menghabiskan waktumu seharian penuh di pantai. Bila kamu ingin melakukan peremajaan kulit terbakarmu dengan Picosure Laser, kamu bisa mengunjungi klinik kecantikan terbaik di Jakarta ini. Namun kalau kamu ingin mengobati sunburn-mu sendiri, hal-hal ini bisa kamu coba lakukan di rumah, lho!

  • Gunakan handuk dingin. Kulit yang terbakar memiliki suhu yang tinggi. Untuk menurunkannya, kamu perlu mengompres kulitmu dengan air dingin. Hal yang dapat kamu lakukan untuk menyusutkan demam pada kulitmu ialah dengan merendam handuk ke dalam air es. Selanjutnya, peras handuk dan letakkan di atas kulitmu selama 10 hingga 15 menit. Bila dingin dari handuk telah menghilang, kamu dapat merendamnya kembali dalam air es, lalu mengompres bagian kulitmu yang terbakar.
  • Pakai pelembap dan krim khusus. Tahap berikut yang dapat kamu lakukan adalah menggunakan pelembap dan krim khusus untuk kulitmu. Bagian kulit yang terbakar harus sering dioleskan dengan pelembap agar humiditas kulit kembali ke keadaan semula. Kamu dapat menggunakan pelembap kulit setelah mandi dan mengoleskannya lagi ketika kulit terbakarmu memunculkan efek kering. Bila kamu berada di ruangan ber-AC, intensitas penggunaan pelembap harus lebih tinggi, sebab, ruangan dingin akan membuat kulitmu semakin kering. Krim khusus kulit juga dapat kamu gunakan untuk melembapkan sunburn. Hindari krim yang mengandung petroleum karena zat kimia ini akan menjebak panas dalam kulitmu.
  • Banyak minum air putih. Kulit yang terbakar kerap kekurangan cairan. Oleh karena itu, saat mengalami sunburn, kamu akan mudah mengalami dehidrasi. Rajinlah mengisi tubuhmu dengan air putih untuk mengurangi tingkat kekeringan kulitmu.
  • Minum obat antiradang. Bila sunburn membuat kulitmu membengkak, kamu harus segera mengonsumsi obat yang dapat mengurangi tingkatan radang. Obat antiradang yang dapat kamu minum adalah obat golongan antiinflamasi seperti ibuprofen. Silakan kunjungi apotek dan tanyakan pada apoteker jenis obat tersebut.

Demikianlah 4 tips sederhana untuk mengatasi kulit terbakar yang dapat kamu lalukan sendiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat, dan kulitmu kembali sehat, ya!