Apa yang biasanya kamu lakukan saat akan mengganti oli motor matic milikmu? Hal pertama yang mungkin dilakukan oleh kebanyakan orang adalah melihat daftar harga oli motor matic dan keunggulannya. Pastinya orang akan memilih oli motor dengan harga yang ekonomis namun juga memiliki keunggulan atau kualitas yang terbaik bagi kendaraan kesayangannya tersebut. Tidak salah sih memang, namun selain hal tersebut ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan tapi kadang suka dilupakan saat hendak mengganti oli motor matic ini.

ganti oli motor matic

ganti oli motor matic

Kapan saat tepat ganti oli?

Waktu ideal untuk mengganti oli motor yang dianjurkan adalah setiap pemakaian 1500-2000 km. Lebih dari waktu ini dikhawatirkan dapat membuat elemen-elemen mesin motor menjadi cepat rusak.

Perlukah oli yang berbeda untuk sistem pembakaran yang berbeda?

Pada motor matic, terdapat dua sistem pembakaran yakni injection dan karburator. Perbedaannya terdapat pada proses pengisapan bensin ke ruang bakar. Pada sistem karburator, hisapan diperoleh dari pergerakan piston dan silinder. Sementara pada sistem injection atau injeksi, terdapat peranti elektronik yang berfungsi untuk menyemprotkan bensin ke ruang bakar seperti sebuah injektor. Lalu apakah terdapat perbedaan pada saat proses penggantian olinya? Jawabannya adalah tidak. Kamu bisa mengganti keduanya dengan proses yang sama dan jenis oli yang sama.

Mengganti filter oli motor

Filter oli diperlukan agar cairan pelumas tetap bersih saat digunakan. Tidak perlu mengganti filter motor setiap kali mengganti oli mobil. Biasanya disarankan untuk menggntinya setidaknya setipa 2 hingga 3 kali ganti oli. Jangan lupa, perhatikan juga umur dari filter tersebut.

Selain usia pakai filter, kondisi lain yang mengharuskan kamu untuk mengganti filter oli adalah ketika kamu mengganti merk pelumas yang biasa digunakan dengan merk lain. Hal ini agar tidak terjadi pencampuran antara sisa pelumas merk lama dengan merk baru. Selain itu, perlu diingat juga, filter untuk motor karburator dan injeksi itu berbeda, jadi jangan sampai salah menggantinya ya!

Gonta-ganti merk oli motor

Tidak sedikit pemilik motor matic yang sering menggonta-ganti merk oli motornya dengan tujuan mencari oli terbaik. Meski ini boleh saja dilakukan asal seperti disebutkan sebelumnya, sebaiknya ganti filter oli setiap kali mengganti merk oli. Ini untuk menghindari tarikan motor menjadi berkurang karena oli lama yang tertinggal dan membuat mesin bekerja tidak maksimal.

Itu tadi beberapa hal penting saat mengganti oli motor matic yang harus diketahui untuk merawat motor kesayangan milikmu. Semoga berguna. (raw)