Memiliki anak yang sehat secara fisik sehingga membuatnya sangat aktif pastinya merupakan suatu kebanggaan tersendiri untuk orang tua. Namun bila pergerakan yang dibuatnya terlalu besar dan banyak pastinya terkadang membuat Anda pusing juga, bukan? Tidak heran bila para orang tua kerap membawa anaknya ke tempat playground anak si Jakarta agar minatnya untuk bergerak aktif tersalurkan. Namun tetap saja si anak tidak bisa duduk manis untuk sekejap di rumah walaupun sudah beraktivitas seharian. Sikap aktif dapat disebabkan karena adanya indikasi Attention Deficit and Hiperactivity Disorder (ADHD), tapi tidak berarti semua anak yang aktif terindikasi gangguan ini. Namun, ada beberapa hal yang dapat para orang tua lakukan untuk mengelola perilakunya dengan beberapa pola asuh anak aktif seperti yang di bawah ini.

  1. Tetapkan rutinitas

Anak yang aktif biasanya merasa kesulitan untuk merencanakan dan mengatur kegiatannya sendiri. Maka dari itu, akan sangat disarankan bagi orang tua untuk memberikannya pola rutinitas yang dilakukan setiap harinya. Dengan rutinitas yang terencana, si kecil akan menjadi lebih mudah untuk belajar menentukan berbagai hal dengan lebih terstruktur dan teratur.

  1. Berikan peraturan yang konsisten

Kedisiplinan sangat amat harus diterapkan sebagai pola asuh anak yang aktif dengan konsisten. Berikanlah si kecil konsekuensi atas peraturan-peraturan yang dilanggar olehnya saat berada di rumah. Dengan cara ini, anak akan menjadi lebih mudah untuk memahami apa yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan. Beritahu juga bahwa Anda selaku orang tua melakukan ini demi kebaikan si kecil.

  1. Ajak anak bermain

Anak yang aktif pastinya memiliki tenaga dan energi yang besar. Maka dari itu ia membutuhkan banyak kegiatan untuk menyalurkan energinya tersebut. Berikanlah si kecil kegiatan atau permainan yang dapat membuat energinya tersalurkan seperti olahraga yang dilakukan di luar ruangan. Selain menyalurkan energi si anak yang aktif, kegiatan olahraga juga dapat membuatnya lebih sehat dan kuat dengan cara yang menyenangkan.

Itu dia beberapa cara asuh anak yang tergolong aktif dan tidak bisa diam. Semoga bermanfaat!