Bagi Anda yang menyenangi furniture kayu jati untuk mengisi interior rumah Anda, memadankannya dengan parket kayu merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, kolaborasi antara mebel kayu jati dan parket kayu menghasilkan harmonisasi yang indah, hangat, tradisional, sekaligus modern di saat yang bersamaan. Namun demikian, penggunaan parket nyatanya tidak bisa dipandang sebelah mata, lho. Sebab jika Anda menginginkan parket kayu di rumah tetap terlihat menarik dan juga tahan lama, perlu perawatan khusus yang harus Anda lakukan.

Jaga agar parket tidak lembap merawat-parket-kayu

Mungkin Anda sudah tahu bahwa musuh utama dari kayu adalah kelembapan. Begitu juga halnya dengan parket. Jaga agar parket tidak dalam kondisi lembap. Hindari mengepel dengan lap basah untuk membersihkan noda di atasnya. Air yang dihasilkan dari lap basah ini bisa menyerap ke bagian dalam parket hingga merusak lapisan lemnya dan juga membuat parket mudah lapuk. Semakin lama didiamkan, maka parket bisa terlihat bergelombang dan akan lepas dalam jangka pendek. Lebih baik, Anda menggunakan sapu atau vacuum cleaner saja.

Gunakan lap kering alih-alih lap basah

Masih berkaitan dengan poin nomor satu, ketika Anda tanpa sengaja menumpahkan makanan atau minuman di atas parket kayu, segera bersihkan dengan lap kering alih-alih lap basah. Jika si noda tetap menempel atau terasa lengket ketika diinjak, Anda bisa memberikan perasaan jeruk lemon di atas noda tersebut sebelum menyekanya dengan lap kering. Dalam waktu beberapa menit saja, parket kembali bersih dan terlihat lebih berkilau.

Jangan malas menyapu

Mungkin sebagian besar dari Anda mengira parket kayu akan lebih mudah dirawat karena tidak perlu dibersihkan setiap hari. Pasalnya, warna parket yang gelap membuat noda menjadi tidak terlihat. Pemikiran ini tentunya salah besar, sebab jika semakin lama dibiarkan, debu akan menempel di atas parket dan membuat parket berwarna kusam. Untuk itu, Anda harus rajin-rajin menyapu agar parket tetap terawat dan tahan lama.

Beri lapisan pelindung pada parket

Jika Anda ingin parket di rumah lebih awet dan lebih tahan lama, maka Anda bisa memberi lapisan pelindung untuk parket ini. Lapisan pelindung ini bukan dalam bentuk olesan atau bahan-bahan lain ya, tetapi dengan memanfaatkan permadani atau karpet. Hal ini bisa membantu Anda melindungi parket dari kemungkinan tergores atau terkena noda.

Perawatan tambahan

Selain menggunakan cara-cara di atas, ada juga beberapa perawatan tambahan yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah proses waxing atau penyemiran ulang selama sebulan sekali untuk mengembalikan warna kilap pada parket. Bahan yang digunakan biasanya berupa teak oil atau pledge.

Itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk merawat lantai parket kayu di rumah Anda. Semoga membantu dan bisa diterapkan di rumah, ya! (TR)