“Rawatlah mesin mobil Anda secara rutin”! Anda tentu sering mendengar ataupun membaca kalimat tersebut, bukan? Memang, sebagai pengguna kendaraan roda empat, Anda tidak boleh hanya peduli dengan body mobil saja. Memang, menjauhkan mobil dari cairan yang mampu merusak cat mobil agar mobil selalu terlihat enak dipandang itu penting, namun merawat mesin mobil jauh lebih penting. Salah satunya dengan cara rajin ganti oli mobil secara berkala. Mengapa demikian? Hal ini karena mesin mobil yang jarang dirawat, maka tidak menutup kemungkinan malah bisa menimbulkan pelbagai masalah seperti mesin karatan sehingga menggangu aktivitas kerjanya, mesin mobil tidak mau dinyalakan, dan sebagainya.

Merawat mesin mobil

Merawat mesin mobil

Untuk itu, agar kejadian tersebut tidak terjadi pada kendaraan Anda, maka rutinlah merawatnya di rumah. Atau jika Anda tidak punya waktu, maka langsung bawa kendaraan Anda ke bengkel mobil agar segera dilakukan perawatan oleh bagian montir. Lantas, bagaimana cara merawat mesin mobil tersebut? Cek langsung jawabannya di bawah ini, ya!

  1. Manfaatkan bahan alami yang terdapat di dapur Anda. Beberapa bahan alami yang biasa Anda gunakan sebagai bumbu masakan, bisa loh dijadikan sebagai media untuk merawat mesin kendaraan. Meskipun jarang digunakan, akan tetapi bahan tersebut sangat ampuh menghilangkan noda yang menempel pada mesin kendaraan Anda. Cara perawatannya juga tidaklah sulit, Anda cukup merendamnya ke dalam setengah ember air yang sudah diberi campuran salah satu bahan alami ini seperti cuka, lemon, baking soda. Diamkan beberapa saat, selanjutnya sikat dengan sikat khusus dan bersihkan hingga bersih.
  2. Rutin mengganti oli mesin. Oli mesin merupakan salah satu komponen paling penting pada kendaraan yang berguna untuk meningkatkan performa mesin mobil. Tanpa oli, maka mesin kendaraan akan terasa sulit untuk dinyalakan, serta akan mengganggu kinerja dari komponen mesin tersebut. Atas alasan inilah Anda diwajibkan untuk rutin mengganti oli mesin setiap menempuh jarak sekitar 3.000 km hingga 5.000 km. Namun, saat penggantian oli ini, jangan sampai lupa untuk mengganti oli sesuai dengan kebutuhan mesin mobil Anda.
  3. Selalu periksa air radiator. Jangan lupa untuk memeriksa air radiator kendaraan Anda. Tidak pernah memeriksa sekaligus membiarkan air radiator kosong, maka bisa mengakibatkan mesin mobil rusak, overheat pada kendaraan, serta bisa membahayakan pengendara. Untuk itu, penting bagi Anda selalu memeriksa air radiator dan jika habis langsung tambahkan air radiator tersebut dengan air biasa.

Selain beberapa perawatan di atas, Anda juga bisa merawat mesin mobil dengan cara memeriksa bagian knalpot mobil, ganti spare part mobil, membersihkan filter karburasi, mengecek starter mobil, dan sebagainya. –SH–