Siapa yang bisa mengira, ternyata kota Lombok yang dikenal sebagai kota yang menyimpan begitu banyak keindahan alam yang luar biasa menakjubkan ini, memiliki salah satu pantai yang namanya sangat mirip dengan pantai yang terdapat di pulau Bali yakni Pantai Kuta. Meski mempunyai nama yang begitu mirip, namun pesona alam yang disuguhkan oleh Pantai Kuta ala kota Lombok ini pun tidak akan kalah menarik daripada Pantai Kuta yang terletak di pulau Bali. Dengan kecantikan alam yang dimilikinya, maka tidak mengherankan bukan jika pantai yang satu ini masuk ke dalam satu diantara banyak pantai yang paling dicari di situs marketplace travel Indonesia.

Panti Kuta Lombok

Panti Kuta Lombok (cr:tripAdvisor)

Secara geografisnya, pantai yang menyimpan keelokan alam yang akan membuatmu tercengang ini, terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, provinsi Nusa Tenggara Barat. Menurut kisah yang dijelaskan oleh masyarakat setempat, diantara Bukit Mandalika dan Pantai Kuta ini memiliki kisah yang sangat menarik sekali untuk Anda ketahui. Dimana, konon katanya di zaman dahulu seorang putri bernama Mandalika yang melompat ke Pantai Kuta dari atas ketinggian Bukit Mandalika. Melompatnya sang putri Mandalika ini ke Pantai Kuta, dikarenakan tidak ingin dipersunting oleh pangeran dari kerajaan. Dari sinilah, bukit yang terletak tidak jauh dari Pantai Kuta ini disebut sebagai Bukit Mandalika.

Kendati demikian, namun di pantai ini Anda akan tetap mendapatkan lanskap alam yang begitu indah yang bisa dilihat langsung dari Bukit Mandalika. Bahkan, saat Anda melihat pesona pantai dari puncak Bukit Mandalika ini, Anda akan mendapati terumbu karang yang menjulang tinggi. Yang lebih menariknya lagi, di bukit ini Anda pun bisa menenangkan pikiran sambil merasakan kesejukan yang diberikan oleh alam di pantai Kuta ini.

Pasir di Kuta Lombok

Pasir di Kuta Lombok (cr:indonesia-tourism)

Selain itu, di pantai ini Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan seru seperti snorkeling, surfing, bermain air di pinggiran pantai, membuat gambar unik di pasir yang bertekstur lembut, bersantai sambil menunggu matahari meninggalkan bumi, berenang, dan sebagainya. Menariknya, di pantai ini sudah tersedia banyak tempat penginapan yang bisa Anda tinggali, dan memberikan harga yang sangat terjangkau dengan isi kantong. Untuk bisa menjelajahi semua kegiatan menarik yang terdapat di pantai ini, Anda memerlukan waktu setidaknya 90 menit dengan jarak 72 kilometer.

Hmm, melihat keindahan dan pesona alam yang disajikan oleh pantai ini, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi pantai ini? –SH–