Pada saat memanaskan ataupun mengendarai Dump Truk Terbaik, Anda pastinya sering melihat ada asap yang keluar dari knalpot truk tersebut. Entah itu, asap berwarna putih, abu-abu, biru, hingga hitam. Nah, asap yang keluar bisa dikatakan masih dalam batas jika mengeluarkan asap putih tipis dan cepat hilang. Tapi, jika sudah mengeluarkan asap hitam, maka Anda perlu mewaspadainya. 

Mengapa? Artinya mobil truk Anda berada dalam kondisi yang tidak sehat atau sedang mengalami masalah. Misalnya saja, filter udara truk sudah tidak laik pakai, penumpukan kotoran di ruang pembakaran, atau bahkan akibat nozzle-nya sedang bermasalah. Jika kondisi seperti ini terus dibiarkan tanpa dilakukan perawatan tentu saja bisa berefek pada truk Anda. Di mana, truk akan kehilangan tenaga dan lebih boros dalam menggunakan bahan bakar. Bahkan, bisa membahayakan keselamatan saat berkendara.

Jadi, jangan sampai membiarkan mobil truk Anda tanpa perawatan jika tidak ingin knalpot truk tersebut mengeluarkan asap hitam. Dan lakukanlah perawatan dengan melakukan beberapa hal berikut, di antaranya:

  • Bersihkan nozzle

Untuk mencegah agar knalpot truk tidak mengeluarkan asap hitam, sebaiknya rutinlah untuk membersihkan komponen nozzle. Melansir dari kumparan.com, nozzle sendiri berfungsi untuk mengirimkan bahan bakar ke dalam silinder mesin. Jika menggunakan bahan bakar yang cetane number-nya tidak sesuai, maka bisa memicu terjadinya endapan kotoran pada nozzle.

Jika komponen ini tidak dibersihkan maka besar kemungkinan knalpot akan mengeluarkan asap hitam pekat akibat kotoran yang mengendap tersebut.

  • Bersihkan pipa EGR dan katup

Selain membersihkan nozzle, penting pula bagi Anda untuk membersihkan pipa EGR (Exhaust Gas Recirculated) dan katup. Kedua komponen ini berfungsi untuk menekan kadar emisi gas buang dengan mengembalikan sebagian emisi gas buang ke dalam ruang pembakaran. Biasanya, bila menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan, maka akan menyebabkan jelaga di bagian pipa EGR dan katup, yang mana ini bisa memicu munculnya asap hitam.

  • Bersihkan throttle body

Anda juga diwajibkan untuk membersihkan throttle body dari kotoran-kotoran yang biasanya masuk melalui komponen filter udara. Mengutip kumparan.com, throttle body ini haruslah dalam keadaan bersih selalu dan pastikan tidak ada kotoran maupun debu-debu yang masuk karena jika masuk bisa mengakibatkan masalah yang dapat menyebabkan keluarnya asap hitam pada knalpot.

So, jangan sampai membiarkan komponen satu ini dalam keadaan kotor, ya!

Tak hanya komponen-komponen yang sudah dituliskan di atas, Anda juga disarankan untuk membersihkan saluran intake, filter udara, dan lain sebagainya untuk mencegah kemunculan asap hitam.

Semoga bermanfaat!